Kamis

MAKALAH BERFIKIR POSITIF





MAKALAH
BERFIKIR POSITIF






















Disusun oleh :
SOENOKO, S.KOM



BAB I
PENDAHULUAN

Percaya atau tidak, sikap kita adalah cermin masa lampau kita, pembicara kita di masa sekarang dan merupakan peramal bagi masa depan kita. Maksudnya apa ? Ya, bahwa kondisi masa lalu, sekarang dan masa depan kita dapat tercermin dari bagaimana sikap kita sehari-hari. Camkan satu hal, sikap kita merupakan sahabat yang paling setia, namun juga bisa menjadi musuh yang paling berbahaya.
Bagaimana sikap mental kita adalah sebuah pilihan; positif ataukah negatif.
W.W. Ziege pernah berkata.”Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negatif.
Jika kita seorang yang berpikiran positif, kita pasti mampu menghasilkan sesuatu. Kita akan lebih banyak berkreasi daripada bereaksi. Jelasnya, kita lebih berkonsentrasi untuk berjuang mencapai tujuan-tujuan yang positif daripada terus saja memikirkan hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
Kehidupan dan kebahagiaan seseorang tidaklah bisa diukur dengan ukuran gelar kesarjanaan, kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan kita lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir.
Ingat perkataan Robert J. Hasting, “Tempat dan keadaan tidak menjamin kebahagiaan. Kita sendirilah yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak. Dan begitu kita mengambil keputusan, maka kebahagiaan itu akan datang”.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    DEFINISI BERPIKIR POSITIF
Berpikir Positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu. Keyakinan yang mengatakan bahwa diri beliau “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda “bisa”, maka Anda akan “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda akan menghasilkan, maka Anda akan menghasilkan. Jika Anda tidak bisa melakukan hal seperti ini, maka Anda masih dikuasai oleh pikiran negatif.
Tidak ada orang yang memiliki pikiran positif 100% kecuali para nabi Allah. Sejauh mana diri Anda berpikir positif bisa dilihat pada diri Anda saat ini.

B.     CARA UNTUK BERPIKIR POSITIF
Racuni pikiran kita dengan hal-hal yang positif
Bacalah buku-buku pengembangan diri, bergaul dengan orang-orang yang positif, ikutilah kegiatan yang bermanfaat dsb.
Belajarlah melihat kelebihan orang lain, jangan kekurangannya
Setiap orang pasti ada kelebihannya, jangan segan-segan untuk memuji orang lain atas prestasinya atau keahliannya.
Belajar untuk memberi daripada menerima
Memberi bukan hanya dalam bentuk materi, memberi bisa juga berarti memberikan motivasi orang yang putus asa, bantulah orang yang sedang kesusahan.

C.    CIRI-CIRI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF
Melihat Masalah sebagai Tantangan
Cobalah kita bandingkan dengan tipe orang yang selalu melihat bahwa masalah adalah suatu cobaan hidup yang dibilang sangatlah berat dan membuat hidupnya seolah-olah menjadi orang yang paling sengsara sedunia. Hal itu sangat tidak baik bagi diri sendiri, bahkan di mata orang lain yang selalu mendengar keluh kesah orang tersebut.
Kita juga harus ingat bahwa semua masalah pada dasarnya dapat dipecahkan. Tidak ada kapasitas masalah yang melebihi kapasitas manusia itu sendiri karena maslah pribadi itu muncul akibat perbuatan manusia. Kalupun itu karena alam, bukankah ala mini dititipkan kepada kita? Kita bisa memunculkan, maka kita pasti bisa mengatasinya.
Menikmati Hidup
            Pikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, namun bukan berarti selalu pasrah terhadap semua masalah atau cobaan yang dibebankan kepadanya  karena bukan berarti ia tidak berusaha mencapai ke kehidupan yang lebih baik. Nah, nikmatilah hidup ini. Jalanilah dengan senyum, tetap berusaha namun terkendali, hal ini bisa disebut juga sebagai pematangan pengalaman hidup.
Terbuka pada Saran dan Ide
            Bagi yang biasanya bersifat egois, maunya menang sendiri, merasa yang paling benar, mungkin sebaiknya buang dulu jauh-jauh pikiran tersebut. Kita tidak akan maju jauh hanya dengan pemikiran kita sendiri dan mengabaikan pendapat orang lain. Satu langkah hanya dengan keegoisan diri tidak akan berarti apa pun jika kita mendapatkan sepuluh langkah dengan menerima ide, saran, bahkan kritik dari orang lain karena masukan-masukan itu mengandung hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih baik.
Buang Pikiran Negatif Sesaat Setelah Terlintas
Jika kita terlalu lama memelihara pikiran negatif, maka itu bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Pada awalnya mungkin tidak akan berdampak apa-apa, namun kemudian bisa menimbulkan masalah besar yang dapat menghancurkan kita sendiri. Ini cukup sulit, karena pada kenyaataannya saat pikiran negatif itu muncul justru membuat kita mencari tahu apakah yang kita pikirkan itu benar atau salah.
Bersyukur
            Orang yang selalu bersyukur atas apa yang sudah berhasil dia miliki adalah orang yang menghargai dirinya sendiri dan pemberian dari Tuhan. Jadi, kita tidak perlu berkeluh kesah tentang apa yang tidak kita miliki.
Tidak Mendengarkan Rumor
            Gosip itu dekat dengan pikiran negatif. Orang-orang yang berpikir positif biasanya lebih memilih untuk menghindari omongan-omongan yang tidak jelas. Kita pun melakukan hal yang sama.
Segera Bertindak
            Orang yang berpikir positif adalah orang yang biasa langsung bertindak. Saat melakukan kesalahan, daripada memikirkan alasan-alasan yang kemudian dilemparkan untuk menyamarkan kesalahan tersebut, ia lebih memilih bertindak untuk memperbaiki dan mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.
Menggunakan Bahasa Positif
            Gunakanlah perkataan atau bahasa tubuh, seperti kalimat-kalimat yang bernada positif, senyum, gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Hal tersebut juga bisa membuat orang lain merasa dihargai.
Menggunakan Bahasa Tubuh yang Positif
            Salah satu bahasa tubuh adalah senyum. Senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

D.    MANFAAT BERPIKIR POSITIF
Kebiasaan berpikir positif merupakan sikap dan tindakan yang mendatangkan manfaat besar individu yang bersangkutan,  yaitu berkenaan dengan
1.    Health
Seringkali keluhan atau rasa sakit seseorang, secara organis  tidak dapat didentifikasi  oleh dokter. Dan ternyata keluhan dan rasa sakit tersebut tidak dirasakan lagi setelah orang yang bersangkutan mengganti isi pikirannya yang negatif dengan yang positif.
2.    Feeling of success
Orang yang berpikir positif pada saat dirinya menghadapi suatu tugas merasa yakin bahwa dirinya akan berhasil dalam melakukan tugas tersebut. Perasaan bahwa dirinya berhasil selanjutnya menjadi motivator internal bagi dirinya.

3.    Optimism
Bersikap positif terhadap suatu tugas yang harus dilakukan merupakan awal berkembangnya optimism.   Optimisme merupakan salah satu faktor  yang mempengaruhi keberhasilan seseorang.
4.    Positive emotions
Perasaan seseorang dipengaruhi oleh pikirannya. Jika ruang pikiran bersisi hal-hal yang positif, maka perasaan yang dialami juga merupakan perasaan positif.
5.    Positive response to failures
Kebiasaan berpikir positif dapat membuat seseorang tegar dalam menghadapi kegagalan. Dengan adanya pikiran yang positif seseorang akan mampu mengembangkan pandangan bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya dan  bahwa masih ada kesempatan untuk meraih keberhasilan.
6.    Self-confidence
Kebiasaan berpikir positif juga berperanan penting dalam pengembangan kepribadian yaitu rasa percaya diri. Berpikir positif tentang dirinya berarti melatih dirinya untuk memiliki rasa percaya diri.
7.    Positive self image
Aspek kepribadian lainnya yang juga dipengaruhi oleh pola piker seseorang adalah citra diri (self image). Jika seseorang ruang pikirannya diisi oleh hal-hal yang positif maka dirinya akan  memiliki gambaran diri yang positif pula.
8.    Every cloud has a silver lining
Bahwa setiap kejadian, seburuk apapun kejadian tersebut  pasti ada hikmahnya. Demikian sikap atau anggapan orang yang terbiasa berpikir positif. Sikap atau anggapan demikian diperlukan agar mereka yang menghadapi masalah bisa terhindar dari stres dan depresi.
9.    Creative
Daya kreatif seseorang berhubungan erat dengan isi pikirannya. Bahwa isi pikiran yang positif dapat memunculkan ide-ide yang brilian.



10.    Persistency
Kebiasaan berpikir positif berpengaruh pada kesuksesan. Orang yang terbiasa berpikir positif  akan selalu tekun dan tegar dalam menghadapi tugas-tugas dengan berbagai permasalahan yang ada.
11.    Positive relationships
Dalam menghadapi orang lain dan situasi sosial, pikiran positif sangat diperlukan. Dengan adanya pikiran yang positif maka akan terjadi hubungan sosial yang positif pula.

E.     BERPIKIR POSITIF MERUPAKAN JALAN
Berpikir positif bukan merupakan tujuan melainkan suatu jalan untuk mencapai tujuan. Menjadikan berpikir positif sebagai tujuan memang membawa manfaat tetapi manfaat tersebut belumlah seberapa jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat jika berpikir positif dijadikan sebagai suatu jalan.
Orang yang menjadikan berpikir positif sebagai jalan untuk mencapai tujuan menurut Ubaedy (2008: 27) memiliki karakteristik : 1. Bahagia dengan dirinya / bisa menciptakan kebahagiaan di dalam dirinya. 2. Punya kesimpulan positif terhadap dirinya. 3. Punya kepercayaan yang bagus terhadap kemampuannya. 4. Bisa menjalin hubungan positif dengan orang lain. 5. Bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan kenyataan, baik yang OK maupun yang tidak OK. 6. Langkahnya dinamis. 7. Prestasi hidupnya  terus bertambah membaik.
Jika berpikir positif merupakan jalan untuk mencapai tujuan, apakah tujuan dari aktivitas tersebut?  Atas dasar manfaat yang diperoleh dari kebiasaan berpikir positif dan mencermati apa yang dideskripsikan oleh Ubaedy berkenaan dengan karakteristik orang yang menjadikan berpikir positif sebagai jalan untuk mencapai tujuan, dapat disimpulkan bahwa tujuan akhir berpikir  positif adalah kehidupan yang  positif. Itulah sebabnya maka Timotheus mengartikan berpikir  positif sebagai salah satu cara, wahana, kendaraan yang akan membawa manusia mencapai target atau tujuan akhir, yaitu kehidupan yang positif .
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Atas dasar manfaat yang diperoleh dari kebiasaan berpikir positif dan mencermati apa yang dideskripsikan oleh Ubaedy berkenaan dengan karakteristik orang yang menjadikan berpikir positif sebagai jalan untuk mencapai tujuan, dapat disimpulkan bahwa tujuan akhir berpikir  positif adalah kehidupan yang  positif. Itulah sebabnya maka Timotheus mengartikan berpikir  positif sebagai salah satu cara, wahana, kendaraan yang akan membawa manusia mencapai target atau tujuan akhir, yaitu kehidupan yang positif atau positive living.

Saran
Saran penulis yaitu Hendaklah kita selalu berpikir positif dalam hidup ini dan berusaha untuk mendapat kesempatan menolong menyelamatkan orang lain!



DAFTAR PUSTAKA


Heartsill, W. 2008. The Miracle of Positivr Thinking (Mukjizat Berpikir Positif). Yogyakarta: Quills.
Timotheus, Yunus. Seandainya Semua Orang Berpikir Positif. (Buku Saku, tanpa keterangan tentang penerbit)
Ubaedy, An. 2008. Kedahsyatan Berpikir Positif. Depok: PT Visi Gagas Komunika.





KATA PENGANTAR


            Penulis panjatkan  puji dan syukur ke hadirat Allah swt., karena berkat rahmat, inayah dan izin-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw., beserta para sahabat, keluarga hingga pengikutnya sampai akhir zaman.
            Penulis juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. 
            Akhirnya, kami menyadari bahwa makalah kami ini sangat jauh dari sempurna, baik dalam hal penulisan, isi, maupun kekurangan lainnya. Untuk itu, kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk perbaikan makalah di masa yang akan datang.


Sukabumi,     Maret 2011

ADE IKA






















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................ 2
  1. Definisi Berfikir Positif........................................................................ 2
  2. Cara-cara Berfikir Positif...................................................................... 2
  3. Ciri-ciri orang yang Berfikir Positif...................................................... 2
  4. Manfaat Berfikir Positif....................................................................... 4
  5. Berfikir Positif Merupakan Jalan.......................................................... 6
BAB III PENUTUP......................................................................................... 7
Kesimpulan....................................................................................................... 7
Saran................................................................................................................. 7

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar