Rabu

TUGAS IMK

 ANALISIS PRINSIP ANTAR MUKA WEB
TOKOBAGUS.COM
Nama    : Sunoko
Jurusan : Manajemen Informatika
Kelas     : 12.3a.28
NIM      : 18093338


1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website TOKO BAGUS menurut saya belum terpenuhi, karena website ini hanya menggunakan Bahasa Indonesia, seharusnya ada pilihan bahasa agar pengunjung yang datang dari Negara lain dapat mengerti isi web.








 (Klik Gambar untuk Memperjelas)

2. Esthetically Pleasing
Website ini jika dilihat dilihat dari segi Esthetically Pleasing sangat mendekati sempurna dikarenakan penempatan menu terstruktur. Semua Menu berada di bagian kanan atas.








3. Availability
Website ini jika dilihat dilihat dari segi availability sudah memenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu dan posting dikelompokkan dalam kategori-kategori tertentu sehingga tidak perlu mencari lagi ke halaman yang lain.

4. Clarity
Menurut sayawebsite ini sudah cukup jelas. Terlihat dari penamaan menu yang jelas dan sesuai dengan fungsionlaitas yang diberikan.

5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, kami mencoba di Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.

7. Consistency
Dilihat dari tampilannya, website ini konsisten. Terbukti dari tampilan yang sama di beberapa menu.
 Tampilan Home :









 Tampilan Menu Jual &beli aman :











8. Control
Dalam website ini semua tombol berfungsi dengan baik apabila di klik

9. Directness
Website ini sudah menerapkan prinsip direcness. Contohnya pada saat pemesanan barang user dapat langsung malakukan pemesanan tanpa harus melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan pemesanan barang.

10. Efficiency
Menurut saya website tokobagus.com efisien. Karena penempatan menu yang tertata rapi dibagian kanan atas.

11. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan logo tokobagus.com pada halaman website membuat user menjadi familiar dan tahu kalau website tersebut adalah website tokobagus.com.









12. Flexibility
Dari segi menu yang digunakan user awampun dapat menggunakan website ini karena penamaan menu yang jelas. Sedangkan dari segi bahasa yang digunakan menurut saya website tokobagus.com kurang fleksibel. Hal ini dikarenakan di berbagai halaman website hanya digunakan Bahasa Indonesia sehingga user dari Negara lain menjadi kurang mengetahui maksud dari kata-kata yang digunakan.


13. Forgiveness
Website ini telah menerapkan prinsip forgiveness. Karena pada saat melihat barang-barang yang diiklankan, saat user sudah melakukan search, terdapat tombol next dan preview









14. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman yang berisi data barang yang di jual sesuai dengan kategori.











15. Obviousness
Website ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.

16. Operability
Website ini tidak dapat dioperasikan oleh semua orang, karena semuanya memakai Bahasa Indonesia

17. Perceptibility
Menurut saya, website ini sudah memenuhi prinsip perceptibility. Hal ini dikarenakan dengan melihat halaman website dan nama websitenya, user cenderung sudah mengetahui bahwa website tersebut adalah website jual beli barang.

18. Predictability
Pada saat melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli terdapat alamat lengkap penjual dan no.HP sehingga user dapat memprediksikan langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

19. Recovery
Website ini tidak menerapkan prinsip recovery, karena proses jual beli tidak dilaksanakan secara online dalam website ini.

20. Responsiveness
Prinsip responsiveness hamper  terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh memberikan efek (berubah warna).

21. Safety
Dalam website tokobagus.com ini sudah menerapkan prinsip safety.

22. Simplicity
Pada website tokobagus.com telah menerapkan prinsip simplicity, dapat dilihat dari tampilan nya yang telah mengelompokkan barang dalam berbagai kategori.









23. Transparency
Website ini sudah mengijinkan User untuk focus pada hal yang dilakukan . Misalnya pada memilih menu salah satu kategori, User dapat focus pada kategori yang dipilih.










24. Visibility
Website ini sudah menerapkan prinsip visibility. Terlihat dari adanya pilihan yang ditunjukkan kepada user untuk melakukan transaksi.

25. Trade-offs
Dari analisis beberapa prinsip di atas, prinsip yang dikorbankan adalah simplicity, efficiency, Aesthetically Pleasing untuk memenuhi prinsip availability.

Kekurangan:
  1. Tidak dapat digunakan oleh semua orang, terutama user dari luar Indonesia
  2. Terdapat tombol yang kadang tidak berfungsi
  3. Tidak ada tombol back untuk kembali ke halmaa sebelumnnya
  4. Penempatan menu login yang diletakkan dibawah halaman.

    Kelebihan yang dilihat dari web ini adalah:
    1. Tampilan yang sederhana. Tampilan luar dari web ini sederhana, namun perpaduan antara setiap warna menyatu dan mudah dimengerti.
    2. Tampilan setiap halaman konsisten

      Saran :
      1. Disediakan fungsionalitas bahasa (Bahasa Inggris) untuk semua halaman.
      2. Disain tampilan menu login agar diletakkan di halaman bagian atas.
      3. Terdapat tombol back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar