Selasa

Membuat Query dari Gabungan 2 Tabel (Microsoft Access 2007)

Microsoft Access merupakan salah satu bagian dari keluarga Microsoft Office. Fungsi dari Microsoft Access ini sendiri adalah untuk membuat suatu database. Tampilan dari Microsoft Access ini cukup sederhana, dengan demikian akan memudahkan *** dalam pembuatan suatu database terutama bagi para pemula dalam dunia database (sama kaya saya juga... hehe J ).
Saya akan coba menjelaskan bagaimana membuat suatu Query dari gabungan beberapa table. Bisa 2 tabel, 3 tabel, dan seterusnya. Tapi kali ini saya hanya ingin membuat Query dari gabungan 2 tabel saja J. Dalam proses pembuatan Query ini, yang pertama jelas kita harus membuat 2 buah table utama  terlebih dahulu, kemudian membuat suatu Relationship baru setelah itu kita menggabungkan 2 tabel itu untuk menjadi suatu Query.
Ok, Yang pertama kita mulai dengan membuat 2 buah table. Kali ini saya akan membuat database mengenai penjualan suatu tiket pertandingan sepak bola. Pada table awal yang muncul pilih View->Design View  yang terletak dipojok kiri, beri nama table tersebut kemudian save.  
Pada tampilan Design View yang muncul kemudian isikan data seperti berikut
Setelah itu isikan data yang akan dimasukan pada TTiket sebagai berikut
Pembuatan table pertama selesai, sekarang kita harus membuat table kedua yang akan kita gabungkan langkah-langkahnya sama saja seperti pembuatan TTiket hanya isi dari database-nya saja yang berbeda. Isi dari table kedua adalah sebagai berikut, dengan nama TBeli.
Setelah tahap pembuatan table selesai tahap selanjutnya adalah membuat suatu Relationship untuk kedua table tersebut, caranya pilih Database Tools->Relationship.
Kemudian add  TBeli dan Ttiket, setelah itu drag field Tribun yang ada pada TTiket menuju field Tribun pada TBeli. Buat susunannya seperti berikut, Ok dan Save Relationship tersebut.
Setelah tahap Pembuatan table dan Relationship selesai kemudian langkah selanjutnya adalah membuat Query yang telah dimaksudkan sebelumnya. Pilih Menu Create kemudian pilih Query Design.
Add  TBeli dan TTiket, kemudian aturlah susunannya sebagai berikut
Pilih Menu Datasheet View dipojok atas seblah kiri untuk melihat hasil akhirnya.

Query gabungan dari 2 Tabel akan tampak seperti gambar diatas. Dengan adanya pembuatan Query seperti ini akan memudahkan *** ketika suatu saat nanti kita perlu merubah suatu data di dalam databse yang telah dibuat sebelumnya. Kita tidak perlu merubah data secara keseluruhan secara manual satu persatu, cukup pada table-tabel utama saja kita merubah datanya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar